kita semua tau nih masalah paling umum pada pemilik suzuki Jimny dan Katana adalah : PANAS MESIN!. Ahahahhaaa :D. Ane jujur aja baru make katana semenjak Agustus 2011!!! selama ini ane make boil ga jauh-jauh dari produk berlambang 3 elips berbentuk T :p, eh semenjak beli suzuki katana tahun 1993 wesesesss kageet! nih tunggangan bener-bener "tunggangan"!!!. Gimana ngga??? mobil tangguh, irit, ga cengeng, pajak murah, spare-part murah, gampang didandanin, pokoknya paling ajib diajak susah! ahahahaaa. walaupun kelemahannya bagi sebagian besar orang kurang nyaman, yaahh namanya juga naik "kuda" ya jangan ngarep nyaman :p. Okay! back to topic, waktu masih memakai visco fan (kipas standar yang mengikuti putaran mesin) permasalahannya adalah ketika macet si jim-kat langsung emosi alias temperatur naik! nah lho??? karena begitu berhenti maka putaran kipas juga ikut melemah! hayaah bingung ane! langsung aja matiin mesin, buka kap, sambil makan sotomie dulu di deket RSPP :D. begitu udah oke ane langsung cabs kerumah bongkar tuh radiator terus ke tukang servis. lumayan ngurangin tapi tetep cuma menunda timing panasnya... hayaahh rempong deh! sampe rumah bongkar lagi sambil mikir caranya gmana... akhirnya konsul dengan teman katanya pake electric fan sebagai pengganti visco-fan (Ingat! electric-fan adalah kipas elektrik pengganti kipas visco! bukan extra-fan atau kipas tambahan!) jadilah di suzie katana ane ada dua kipas yaitu kipas AC (yang memang ada standarnya untuk mendinginkan AC) dan kipas Elektrik baru untuk membuang panas radiator (Electric-fan yang ane pake adalah OEM Suzuki Karimun). And guess what?! emosi si jim-kat malah turun pas macett!!! hahaayy mantabbss selama sebulan ane pake dengan senang hati. Eits! jangan seneng dulu! pas ane bawa ke jogja mobil gabisa lari lebih dari 70km/jam! kenapa?! karena temperatur langsung merangkak naik sampai 3/4-nya lho!!! hohohooo masalah baru muncuullll.... Rupanya kipas elektrik juga mempunyai kelemahan, yaitu putarannya tetap sama makanya ketika macet suhu akan turun sampai 1/3 lalu saat kecepatan tinggi kipas elektrik tidak dapat mengimbangi kinerja mesin yang akhirnya membuat suhu naik! heheheeeee baiklaahhh akhirnya sampe di jogja bukannya liburan ane sibuk memodifikasi katana ane yaitu kipas electric yang ada di radiator dipindah fungsinya menjadi kipas pendingin AC caranya yaitu menukar arus listriknya jadi fungsinya sebagai peniup bukan penghisap panas seperti pada fungsi kipas radiator!, lalu kipas AC dibuang. setelah itu kipas pendingin radiator kembali dipercayakan kepada kipas Visco agar saat kecepatan tinggi maka pendinginan juga optimal. Supaya lebih optimal, posisi radiator didekatkan dengan kipas visco dan pulley pada kipas visco dipilih yang paling kecil supaya saat mesin stationer maka putaran kipasnya tetap mumpuni. dan saatnya ujicoba! Pada saat macet suhu hanya naik 1/5!!!! bahkan ga lebih dari garis awal temperatur! dan saat digeber sampe 120km/jam suhu malah turun!!! cuma 1/6 dari garis awal! bisa dikatakan suhu hanya sedikit merangkak naik dari suhu dingin mesin! hehehee naah selamat mencoba ^_^
brooow...,
BalasHapusposisi dmn?
senasib nih... T.T
Ivan.
Mas saya di jakarta barat juga, alamatnya dimana mas, kirim ke email saya saiful@elshinta.com. Katana saya juga perlu di dandanin agar ga overhead... kasian si kecil anak saya kalo jalan hrus bawa baju extra.. keringatn mulu...
BalasHapusMas minta tolong difoto-foto Visco Fan ama Electric Fannya trus di tampilin diblog ini,biar kita-kita tau posisi masangnya gimna... maklum kita awam nih utk urusan yang beginian.. makasih mas..
BalasHapusmasbrooo maaf banget ane baru liat ini komeng :DDD kebetulan katana ane udah dibeli orang :-p jadi gini mas saiful, kipas AC-nya diganti dengan Kipas OEM Karimun, nah kipas yang ikut putaran mesin tetep dipake mas, hanya pulleynya aja diganti lebih kecil dan didekatkan ke radiatornya... kalo soal foto ane udah gabisa dapet nih... boilnya kemana tauu :D
BalasHapusok thqs mas ....
BalasHapusJd kesimpulannya, visco fan tetep pake yg bawaan mungkin cuma ganti pulley yg lebh kecil. Cuma fan ac diganti sama yg electric fan gitu mas. Jd gk bakalan ada kaya thermostat gituan ya mas......
BalasHapusMas Hardi, pulley yg kecil pakai pulley nya mobil apa mas?
BalasHapusHendri
iya pake pulley apa masbro,tolong lebih rinci lagi penjelasannya
BalasHapusPengalaman ganti kipas Katan'95 yang saya pakai, suhu lebih stabil (dibawah setengah dikit 80-90 derajat). Dan yang lebih nyaman lagi jika pas nunggu di TL yg agak lama, AC gak bakal jadi panas. Cuma kekurangannya suara yang agak berisik pada saat kipas elektrik bekerja, tapi sebentar (35 detik an), karena saya pakai Elektrik Fan punya OEM Karimun kotak. Sekarang meskipun panas terik gak jadi soal, gak was-was lagi.
BalasHapusaduh mas sekalian maaf sekali saya baru mendapatkan password akun ini hahaa :D jadi gini mas, saya pakai pulley paling kecil, kipas original tetapi didekatkan ke radiator mas. Nah, kipas electric-fan OEM Karimun tadi fungsinya jadi kipas pendingin kompressor AC jadi pada putaran tinggi, visco akan bekerja optimal dan suhu mesin stabil. Dan saat putaran rendah, kipas electric juga akan mendinginkan mesin mas begitu... semoga bermanfaat ya ^__^
BalasHapusmas brooo saya mengerti di ganti sama pulley yang lebih kecil,tapi di ganti pake pulley mobil apa?,dipasang dimana? (ac / water pump) tolong di bantu trims....
Hapusbodicuprit@gmail.com / 60779197
aduh mas saya lupa... mekaniknya yang nyarikan pulley paling kecil untuk katana saya.... dipasangnya tetap di tempat visco-fan radiator mas tetapi didekatkan dengan menempatkan semacam spacer untuk kipas visconya mas... nanti kipas electricnya dipasang ditempat extra-fan AC... jadi extra-fannya dibuang saja. nanti cara menghubungkan kabelnya berlawanan dengan waktu menghubungkan kabel kipas electric-fan buat radiator jadi kipasnya meniup bukan menghisap... selamat mencoba.
BalasHapusbuat electric fannya,maksudnya electrik fannya meniup ke arah kompresor ac mas bro?....
HapusJadi arah angin kipas elektriknya dari grille ke evaporator/radiator atau sebaliknya?
HapusJadi anginnya meniup ke grill atau bisa dibilang keluar ya mas? Lalu bagaimana dengan angin yang harus masuk ke kondensor ac mas? Mohon di balas mas soalnya saya sangat menbutuhkan informasi dari mas. Terima kasih mas
Hapuscara pasang kabelnya dibalik ya om plus minus nya?
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSetuju, dengan mengganti puley ke ukuran kecil, ada beberapa manfaatnya : 1. Mesin dingin 2. Suara mesin jadi sangar, karena suara kipas yang meraung raung.seperti punya mesin 3000cc di dalam mesin.
BalasHapusSaya tambahkan tips nya, bisa menambahkan water coolant, harga 75rb (merk suzuki) bikin tambah adem.
Saya pribada udah melakukan 2 trik diatas, keadaan jalan macet parah siang hari, ngak pernah lebih dari 1/2 indikator panas. Lagi nabung buat beli auto fan Karimun.
mantaap mas. dicoba dan berhasil.. digeber tetep enjoy aja ni mas,, tinggal projek ganti Platina nya ke Celana Dalam Indonesia :D nabung dl :D
BalasHapusJust share ya bagi yg mengalami overheat pada Jimny/Katana sahabat..
BalasHapushttp://www.garasiaksesorisjimny.com/electricfan_vs_overheat/
mas, boleh tau no tlp bengkel/mekanik di daerah jakarta dan sekitarnya yang pernah mengaplikasikan teknik diatas?
BalasHapusboleh info nya ke email saya mas : noerhakeem@gmail.com
makasih sebelumnya
maaf gan ane mau tanya kebetulan ku jga punya katana yang memiliki problem pada engsel puntu bagian kiri yang agak aus sehingga untuk menutup pintu jadi lebih membanting agak keras. barang kali dari agan-agan ada yang tau cara menanggulanginya....... sebelumnya trims kawan.
BalasHapusMaaf mas Hardiyan Widyanto dan temen,klo referensi bengkel yg bs menyelesaikan permasalahan overheat jim-kat daerah semarang & sekitarnya mana aja ya. Dan mungkin klo ada alamat & contact person nya. Matursuwun
BalasHapusMobil honda jadi murah
BalasHapuswww.daganghonda.com
Sudah jelas makasih.di coba dulu baru comen.tp kliatane masuk akal...sebelum lihat artikel ini 2 langkah sudah saya kerjakan hasilnya mendekati maksml, 1.mendekatkan kipas dg radiator mesin.
BalasHapus2.mengganti puly lbh kecil...yg blm tinggal mengganti fan ac nya
Mhon lebih detailnya mas, pulleynya yg kecil punya mobil apa ya? Tmakasih
BalasHapusPully kecil pake mobil carry, beli sama beltnya
BalasHapusPake pully cery bisa om?
BalasHapusMantap.fan karimun berapa y...
BalasHapuskl disurabaya bengkel mana ya yg bs ngerjakan psang fan karimun ke katana brangkali ada yg tau tlong infonya bos mksh
BalasHapustulisan Om Hardi enak dibaca,mudah dipahami dan bermanfaat
BalasHapusterima kasih
Pengalaman saya py katana, cuma kipas kompresor AC sy putus dan sy sambungkan ke aki langsung dan pake switch on off dlm kabin sebelah setir, dan arah kipas sy balik nyemprot ke kompresor, hy menukar kabel positi n negatifnya pas ketemu macet dan harus jln pelan2 sy on kan kipasnya secara manual,lumayan temperaturnya ngak pernah nyampe setengah, biaya hanya beli kabel serabut yg tebal 4 meter 20 ribu, dan switch on off 7 ribu dan bisa pasang sendiri dirumah sgt gampang
BalasHapusWah kalau dekrt saya mo minta ilmu nya saya masih pemula
BalasHapusHow to make money off sports betting in Florida | Work
BalasHapusIf you're in Florida, and you've been living in the shadow of Florida sports betting งานออนไลน์ since the Supreme Court legalized sports betting, you've heard
How to create a casino account for real money and - JT Hub
BalasHapusHow to create a casino account for real 시흥 출장안마 money and play slots · Open an account 여주 출장마사지 with the 충주 출장안마 casino's online betting options · You can make 양주 출장안마 bets on 경상남도 출장마사지 certain