Kamis, 26 Januari 2012

Permasalahan overheat pada Suzuki Jimny - Katana

kita semua tau nih masalah paling umum pada pemilik suzuki Jimny dan Katana adalah : PANAS MESIN!. Ahahahhaaa :D. Ane jujur aja baru make katana semenjak Agustus 2011!!! selama ini ane make boil ga jauh-jauh dari produk berlambang 3 elips berbentuk T :p, eh semenjak beli suzuki katana tahun 1993 wesesesss kageet! nih tunggangan bener-bener "tunggangan"!!!.  Gimana ngga??? mobil tangguh, irit, ga cengeng, pajak murah, spare-part murah, gampang didandanin, pokoknya paling ajib diajak susah! ahahahaaa. walaupun kelemahannya bagi sebagian besar orang kurang nyaman, yaahh namanya juga naik "kuda"  ya jangan ngarep nyaman :p. Okay! back to topic, waktu masih memakai visco fan (kipas standar yang mengikuti putaran mesin) permasalahannya adalah ketika macet si jim-kat langsung emosi alias temperatur naik! nah lho??? karena begitu berhenti maka putaran kipas juga ikut melemah! hayaah bingung ane! langsung aja matiin mesin, buka kap, sambil makan sotomie dulu di deket RSPP :D. begitu udah oke ane langsung cabs kerumah bongkar tuh radiator terus ke tukang servis. lumayan ngurangin tapi tetep cuma menunda timing panasnya... hayaahh rempong deh! sampe rumah bongkar lagi sambil mikir caranya gmana... akhirnya konsul dengan teman katanya pake electric fan sebagai pengganti visco-fan (Ingat! electric-fan adalah kipas elektrik pengganti kipas visco! bukan extra-fan atau kipas tambahan!) jadilah di suzie katana ane ada dua kipas yaitu kipas AC (yang memang ada standarnya untuk mendinginkan AC) dan kipas Elektrik baru untuk membuang panas radiator (Electric-fan yang ane pake adalah OEM Suzuki Karimun). And guess what?! emosi si jim-kat malah turun pas macett!!! hahaayy mantabbss selama sebulan ane pake dengan senang hati. Eits! jangan seneng dulu! pas ane bawa ke jogja mobil gabisa lari lebih dari 70km/jam! kenapa?! karena temperatur langsung merangkak naik sampai 3/4-nya lho!!! hohohooo masalah baru muncuullll.... Rupanya kipas elektrik juga mempunyai kelemahan, yaitu putarannya tetap sama makanya ketika macet suhu akan turun sampai 1/3 lalu saat kecepatan tinggi kipas elektrik tidak dapat mengimbangi kinerja mesin yang akhirnya membuat suhu naik! heheheeeee baiklaahhh akhirnya sampe di jogja bukannya liburan ane sibuk memodifikasi katana ane yaitu kipas electric yang ada di radiator dipindah fungsinya menjadi kipas pendingin AC caranya yaitu menukar arus listriknya jadi fungsinya sebagai peniup bukan penghisap panas seperti pada fungsi kipas radiator!, lalu kipas AC dibuang. setelah itu kipas pendingin radiator kembali dipercayakan kepada kipas Visco agar saat kecepatan tinggi maka pendinginan juga optimal. Supaya lebih optimal, posisi radiator didekatkan dengan kipas visco dan pulley pada kipas visco dipilih yang paling kecil supaya saat mesin stationer maka putaran kipasnya tetap mumpuni. dan saatnya ujicoba! Pada saat macet suhu hanya naik 1/5!!!! bahkan ga lebih dari garis awal temperatur! dan saat digeber sampe 120km/jam suhu malah turun!!! cuma 1/6 dari garis awal! bisa dikatakan suhu hanya sedikit merangkak naik dari suhu dingin mesin! hehehee naah selamat mencoba ^_^

35 komentar:

  1. brooow...,
    posisi dmn?
    senasib nih... T.T

    Ivan.

    BalasHapus
  2. Mas saya di jakarta barat juga, alamatnya dimana mas, kirim ke email saya saiful@elshinta.com. Katana saya juga perlu di dandanin agar ga overhead... kasian si kecil anak saya kalo jalan hrus bawa baju extra.. keringatn mulu...

    BalasHapus
  3. Mas minta tolong difoto-foto Visco Fan ama Electric Fannya trus di tampilin diblog ini,biar kita-kita tau posisi masangnya gimna... maklum kita awam nih utk urusan yang beginian.. makasih mas..

    BalasHapus
  4. masbrooo maaf banget ane baru liat ini komeng :DDD kebetulan katana ane udah dibeli orang :-p jadi gini mas saiful, kipas AC-nya diganti dengan Kipas OEM Karimun, nah kipas yang ikut putaran mesin tetep dipake mas, hanya pulleynya aja diganti lebih kecil dan didekatkan ke radiatornya... kalo soal foto ane udah gabisa dapet nih... boilnya kemana tauu :D

    BalasHapus
  5. Jd kesimpulannya, visco fan tetep pake yg bawaan mungkin cuma ganti pulley yg lebh kecil. Cuma fan ac diganti sama yg electric fan gitu mas. Jd gk bakalan ada kaya thermostat gituan ya mas......

    BalasHapus
  6. Mas Hardi, pulley yg kecil pakai pulley nya mobil apa mas?

    Hendri

    BalasHapus
  7. iya pake pulley apa masbro,tolong lebih rinci lagi penjelasannya

    BalasHapus
  8. Pengalaman ganti kipas Katan'95 yang saya pakai, suhu lebih stabil (dibawah setengah dikit 80-90 derajat). Dan yang lebih nyaman lagi jika pas nunggu di TL yg agak lama, AC gak bakal jadi panas. Cuma kekurangannya suara yang agak berisik pada saat kipas elektrik bekerja, tapi sebentar (35 detik an), karena saya pakai Elektrik Fan punya OEM Karimun kotak. Sekarang meskipun panas terik gak jadi soal, gak was-was lagi.

    BalasHapus
  9. aduh mas sekalian maaf sekali saya baru mendapatkan password akun ini hahaa :D jadi gini mas, saya pakai pulley paling kecil, kipas original tetapi didekatkan ke radiator mas. Nah, kipas electric-fan OEM Karimun tadi fungsinya jadi kipas pendingin kompressor AC jadi pada putaran tinggi, visco akan bekerja optimal dan suhu mesin stabil. Dan saat putaran rendah, kipas electric juga akan mendinginkan mesin mas begitu... semoga bermanfaat ya ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas brooo saya mengerti di ganti sama pulley yang lebih kecil,tapi di ganti pake pulley mobil apa?,dipasang dimana? (ac / water pump) tolong di bantu trims....

      bodicuprit@gmail.com / 60779197

      Hapus
  10. aduh mas saya lupa... mekaniknya yang nyarikan pulley paling kecil untuk katana saya.... dipasangnya tetap di tempat visco-fan radiator mas tetapi didekatkan dengan menempatkan semacam spacer untuk kipas visconya mas... nanti kipas electricnya dipasang ditempat extra-fan AC... jadi extra-fannya dibuang saja. nanti cara menghubungkan kabelnya berlawanan dengan waktu menghubungkan kabel kipas electric-fan buat radiator jadi kipasnya meniup bukan menghisap... selamat mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat electric fannya,maksudnya electrik fannya meniup ke arah kompresor ac mas bro?....

      Hapus
    2. Jadi arah angin kipas elektriknya dari grille ke evaporator/radiator atau sebaliknya?

      Hapus
    3. Jadi anginnya meniup ke grill atau bisa dibilang keluar ya mas? Lalu bagaimana dengan angin yang harus masuk ke kondensor ac mas? Mohon di balas mas soalnya saya sangat menbutuhkan informasi dari mas. Terima kasih mas

      Hapus
    4. cara pasang kabelnya dibalik ya om plus minus nya?

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Setuju, dengan mengganti puley ke ukuran kecil, ada beberapa manfaatnya : 1. Mesin dingin 2. Suara mesin jadi sangar, karena suara kipas yang meraung raung.seperti punya mesin 3000cc di dalam mesin.

    Saya tambahkan tips nya, bisa menambahkan water coolant, harga 75rb (merk suzuki) bikin tambah adem.

    Saya pribada udah melakukan 2 trik diatas, keadaan jalan macet parah siang hari, ngak pernah lebih dari 1/2 indikator panas. Lagi nabung buat beli auto fan Karimun.

    BalasHapus
  13. mantaap mas. dicoba dan berhasil.. digeber tetep enjoy aja ni mas,, tinggal projek ganti Platina nya ke Celana Dalam Indonesia :D nabung dl :D

    BalasHapus
  14. Just share ya bagi yg mengalami overheat pada Jimny/Katana sahabat..

    http://www.garasiaksesorisjimny.com/electricfan_vs_overheat/

    BalasHapus
  15. mas, boleh tau no tlp bengkel/mekanik di daerah jakarta dan sekitarnya yang pernah mengaplikasikan teknik diatas?

    boleh info nya ke email saya mas : noerhakeem@gmail.com

    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  16. maaf gan ane mau tanya kebetulan ku jga punya katana yang memiliki problem pada engsel puntu bagian kiri yang agak aus sehingga untuk menutup pintu jadi lebih membanting agak keras. barang kali dari agan-agan ada yang tau cara menanggulanginya....... sebelumnya trims kawan.

    BalasHapus
  17. Maaf mas Hardiyan Widyanto dan temen,klo referensi bengkel yg bs menyelesaikan permasalahan overheat jim-kat daerah semarang & sekitarnya mana aja ya. Dan mungkin klo ada alamat & contact person nya. Matursuwun

    BalasHapus
  18. Mobil honda jadi murah
    www.daganghonda.com

    BalasHapus
  19. Sudah jelas makasih.di coba dulu baru comen.tp kliatane masuk akal...sebelum lihat artikel ini 2 langkah sudah saya kerjakan hasilnya mendekati maksml, 1.mendekatkan kipas dg radiator mesin.
    2.mengganti puly lbh kecil...yg blm tinggal mengganti fan ac nya

    BalasHapus
  20. Mhon lebih detailnya mas, pulleynya yg kecil punya mobil apa ya? Tmakasih

    BalasHapus
  21. Pully kecil pake mobil carry, beli sama beltnya

    BalasHapus
  22. kl disurabaya bengkel mana ya yg bs ngerjakan psang fan karimun ke katana brangkali ada yg tau tlong infonya bos mksh

    BalasHapus
  23. tulisan Om Hardi enak dibaca,mudah dipahami dan bermanfaat
    terima kasih

    BalasHapus
  24. Pengalaman saya py katana, cuma kipas kompresor AC sy putus dan sy sambungkan ke aki langsung dan pake switch on off dlm kabin sebelah setir, dan arah kipas sy balik nyemprot ke kompresor, hy menukar kabel positi n negatifnya pas ketemu macet dan harus jln pelan2 sy on kan kipasnya secara manual,lumayan temperaturnya ngak pernah nyampe setengah, biaya hanya beli kabel serabut yg tebal 4 meter 20 ribu, dan switch on off 7 ribu dan bisa pasang sendiri dirumah sgt gampang

    BalasHapus
  25. Wah kalau dekrt saya mo minta ilmu nya saya masih pemula

    BalasHapus
  26. How to make money off sports betting in Florida | Work
    If you're in Florida, and you've been living in the shadow of Florida sports betting งานออนไลน์ since the Supreme Court legalized sports betting, you've heard

    BalasHapus
  27. How to create a casino account for real money and - JT Hub
    How to create a casino account for real 시흥 출장안마 money and play slots · Open an account 여주 출장마사지 with the 충주 출장안마 casino's online betting options · You can make 양주 출장안마 bets on 경상남도 출장마사지 certain

    BalasHapus